Selayang Pandang

Program Studi Sejarah Peradaban Islam (Prodi SPI) adalah program studi yang berada di bawah naungan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Berdiri sejak tahun 2016 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4742 Tahun 2016, Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pada Program Sarjana Institut Agama Islam Negeri Palu tanggal 25 Agustus 2016 dengan nama Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Pada Tahun yang sama, menyusul Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6943 Tahun 2016, Tentang Perubahan dan Penyesuaian Nomenklatur Program Studi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) tertanggal 7 Desember 2016. Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) menetapkan perubahan dan penyesuain nomenklatur Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) menjadi Sejarah Peradaban Islam (SPI).

Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, pihak Institut mengajukan surat permohonan penyesuaian nomenklatur program studi pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu yang kemudian melahirkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 4022 Tahun 2020, Tentang Penyesuaian Nomenklatur Program Studi Pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 21 Juli 2020. Surat tersebut memutuskan mengubah nama prodi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menjadi Sejarah Peradaban Islam (SPI) pada IAIN Palu.

Prodi SPI merupakan satu-satunya prodi di Sulawesi Tengah yang skop kajiannya mengenai sejarah dan peradaban Islam. Karenanya, kelahiran prodi ini selain untuk mendukung transformasi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, juga sebagai wadah dalam mencetak sejarawan muslim yang memiliki kesadaran dan kemampuan dalam menjaga, membumikan dan mengembangkan kajian sejarah Islam dunia dan Indonesia, khususnya sejarah lokal Sulawesi Tengah.

Prodi SPI menerima mahasiswa angkatan pertama pada tahun 2017 yang berjumlah 17 orang. Mahasiswa SPI berasal dari berbagai wilayah, tak hanya dari wilayah Sulawesi, namun juga Maluku Utara. Sejak Tahun 2018 Prodi SPI dikelola oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi, yaitu Sahril, SS., M.Pd. sebagai ketua, dan Muhammad Patri Arifin, M.Th.I., selaku sekretaris. Namun pada Tahun 2019 ketua prodi melanjutkan studi ke jenjang doktoral yang kemudian digantikan oleh Dr. A. Ardiansyah, SE., M.Pd.  

Identitas Program Studi

  • Perguruan Tinggi            : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu              
  • Fakultas                             : Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Akreditasi                          : Sementara Pengusulan
  • Nama Prodi                       : Sejarah Peradaban Islam (SPI)
  • Gelar Akademik               : S.Hum (Sarjana Humaniora)
  • Kode Prodi (PDPT) : 80230
  • Bahasa Pengantar             : Indonesia
  • Masa Studi                          : 4 – 7 Tahun